Friday, March 20, 2009

Konsep Pemrograman Visual Basic

Perkembangan (timeline) Visual Basic

Pemrogaman Visual Basic dikenalkan pada tahun 1991 oleh Alan Cooper yang mana pada saat itu pendekatannya lebih pada menghubungkan bahasa pemrograman dengan interface (antarmuka) grafis (GUI). selanjutnya pada Nopember 1992 direlease Visual Basic Versi 2.0 dengan peningkatan pada kemudahan lingkungan pemrograman (environment) dan kecepatan proses runtime. Versi 3.0 Visual Basic kemudian direlease pada tahun 1993 dengan telah adanya dukungan terhadap koneksi database access. Visual Basic 4.0 direlease pd Agustus1995, dan yang pertama kali mendukung Program 32-BIT windows. Dan dikenalkan kemampuan untuk menulis class dalam Visual Basic. Dan pada Februari 1997, Microsoft merelease secara exlusive versi 32-BIT pada Windows dengan kemampuannya membuat user control. Selanjutnya pada pertengahan 1998 direlease versi 6.0 dengan kemampuanya untuk membuat aplikasi berbasis web.

Method dan Atribut Objek pada Visual Basic

Didalam pemrograman Visual Basic, karena berbasic Visual tidak akan terlepas dari Objek. Dimana setiap Objek yang terdapat dalam IDE (Integrated Development Environment) memiliki Method dan Atribut. Sama seperti Objek nyata dalam kehidupan kita, sebuah Kendaraan misalnya memiliki Method dan Atribut. Method dari Kendaraan dapat berupa Bergerak Maju, Mundur, belok kekanan dan kekiri, dan yang lainnya. Sedangkan Atribut dari Kendaraan misalnya berwarna merah, Merk A, Keluaran tahun sekian, jenisnya sedan dan yang lain. Apabila dilihat dari contoh diatas, Method dapat didefinisikan merupakan segala sesuatu yang dapat dilakukan atau dikerjakan oleh Objek (dalam hal ini Kendaraan), sedangkan Atribut adalah segala hal yang berhubungan dengan karakteristik Objek. Demikian juga pada IDE Visual Basic, banyak Objek-objek yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah program. Misalnya saja, Form, Command Button, TextBox dan yang lainya. Masing-masing Objek tadi juga memiliki Method dan Atribut. Method dari Objek Command Button yaitu melakukan Aksi/Method sesuai kode perintah (script) yang diberikan. sedangkan Atribut dari Command Button seperti Caption, Font, BackColor, Style dan lain-lain.


Gambar 1. Method dan Atribut dari Manusia


Gambar 2. Method dan Atribut dari Objek Command Button

Method/Aksi dari Objek Manusia dikendalikan oleh Otak (sebagai pemicu) terjadinya method tersebut, sedangkan pada Objek Visual Basic Method/Aksi dikendalikan oleh pengguna (user) yang menggunakan program, dengan cara melakukan sebuah event (kejadian) yang dapat memicu Objek pada VB untuk melakukan Method/Aksi yang ditentukan/dibuat pada objek tersebut. Contoh event yang dilakukan user misalnya dengan melakukan klik pada Objek Command Button, atau sewaktu Pointer Mouse melaluinya (Mouse Over) dan lain-lain.

Itulah sedikit gambaran mengenai Pemrograman Visual Basic, tulisan berikutnya kita langsung latihan membuat program sederhana menggunakan Visual Basic. Jadi, tetap Link di Blog ini :D
oh ya, bagi yang memerlukan file presentasinya dapat didownload pada Link ini asep-vb6-slide-1.pdf

No comments:

Post a Comment

Tak ada Gading yang Tak Retak, untuk itu apabila terdapat kekeliruan maupun kekurangan dalam penulisan isi blog ini, silahkan untuk mengisi komentar dan atau melalui email.
Terima Kasih.